Beranda | Artikel
Perkara Yang Wajib Dipelajari Pemula
Sabtu, 30 Juni 2018

Syaikh Abdul Karim Al-Khudhair

Pertanyaan:

Perkara apa yang wajib untuk ditanyakan sebelum pertanyaan-pertanyaan lain dalam masalah agama?

Jawab:

Perkara  yang wajib untuk ditanyakan dalam masalah agama adalah perkara-perkara yang wajib ‘ain bagi setiap orang. Dan juga perkara-perkara yang setiap orang tidak diberi toleransi untuk tidak mengetahuinya, di antaranya tiga landasan utama.

Wajib bagi setiap orang untuk mengetahui tiga landasan utama, yaitu: mengenal Allah, mengenal ajaran agama, dan mengenal Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wasallam.

Al-Imam Al-Mujaddid Asy-Syaikh Muhammad bin Abdil Wahab rahimahullah telah menulis buku berjudul Al-Ushul Ats-Tsalatsah (tiga landasan utama). Yang tiga hal ini merupakan ilmu yang dharuri (sangat urgen untuk dipelajari). Wajib bagi setiap Muslim untuk mengutamakan tiga ilmu ini sebelum yang lain. Dan tidak diberi toleransi ketika tidak mengetahui tiga hal ini. Karena tiga hal ini adalah perkara yang akan ditanya di alam kubur, ketika itu tidak ditanya pertanyaan-pertanyaan yang lain. Maka tiga perkara ini sangat urgen.

Kami mendapati sebagian orang mengajarkan agama kepada masyarakat di masjid-masjid dan di rumah-rumah, namun mereka lupa mengajarkan tiga perkara ini. Namun walhamdulillah masih ada sebagian lagi yang mengajarkan tiga hal ini di sekolah-sekolah, mereka terdepan dalam men-talqin-kan materi ini kepada para penuntut ilmu. Namun yang masih perlu menjadi perhatian (bagi para pengajar) adalah masyarakat awam, wajib untuk memiliki perhatian lebih mengajarkan masalah ini kepada masyarakat awam sebelum kepada para imam masjid.

Wajib (bagi pada da’i) untuk mengajarkan tiga landasan ini dan juga mengajarkan hal-hal yang mereka butuhkan yang termasuk dasar-dasar agama. Yaitu segala sesuatu yang terkait dengan keabsahan ibadah shalat mereka, puasa mereka, haji mereka, zakat mereka, dan ibadah-ibadah mereka.

Sumber: https://ar.islamway.net/fatwa/76136

 

Penerjemah: Yulian Purnama


Artikel asli: https://muslim.or.id/40681-perkara-yang-wajib-dipelajari-pemula.html